Cara Membuat Cerpen Yang Cetar

Cara Membuat Cerpen - Cerpen (Cerita Pendek) memang sangat menarik untuk dibaca. Dan bagaimana cara membuat cerpen agar enak dibaca, bagus dan mempunyai nilai yang baik. Sebenarnya ini seperti pelajaran bahasa Indonesia, tapi juga memang tidak mudah. Butuh kreatifitas untuk membuat sebuah cerpen yang bisa menarik banyak orang untuk membacanya.

Untuk membuat cerpen, kita harus memiliki strategi, bagaimana agar orang yang membaca/mendengar bisa tertarik. Poin penting dalam membuat sebuah cerpen yaitu tema, judul, alur, dan bahasa penyampaian. Kita bahas satu-satu cara membuat cerpen yang cetar membahana, hehehe....

Tema Cerita
Ibarat kita akan membuat sebuah film, yang harus disiapkan pertama kali adalah tema. Tema menjelaskan poin-poin tentang cerpen tersebut, akan bercerita tentang apa, apa saja yang akan di ceritakan, pesan apa yang bisa di dapat pembaca. Buatlah catatan kecil tentang tema yang akan di buat. Tujuan pembuatan tema adalah agar cerita tidak menyimpang dari tujuan utama.

Judul
Kebanyakan orang saat melihat buku atau novel yang pertama kali di baca adalah judulnya. Jadi strategi cara membuat cerpen yang juga penting adalah judul. Jangan kita membuat judul yang monoton atau sepertinya orang tidak akan tertarik hanya dari judulnya saja. Buatlah sebuah judul yang membuat orang penasaran dan tertarik. Misalnya, "Hantu Cantik dan Seorang Kakek Tua", coba mencari ide lain dari cerpen-cerpen yang ada.

Alur
Yang ini mensetting bagaimana cerita ini berjalan. Mulai dari pembukaan, sedikit pengenalan tokoh utama, isi dari cerita. Kejutan ditengah cerita, yang membuat orang bertanya mengapa, kenapa, kok bisa? Dan penyelesaian cerita yang baik, semua harus sudah dirancang dari awal.

Bahasa Penyampaian
Sebuah cerpen bisa dibilang sukses saat pembaca atau pendengar paham dan mengerti apa isi cerita yang disampaikan. Untuk itu gunakanla bahasa yang mudah dimengerti semua orang. Akan tetapi sesekali boleh menggunakan bahasa yang unik, agar pembaca tidak bosan.

Memang agak sedikit sulit untuk membuat cerpen yang bisa membuat orang akan selalu teringat dengan isi dari kisah cerita itu. Butuh pemikiran dan kreatifitas. Itulah sedikit teori tantang Cara Membuat Cerpen. Selamat berkreatifitas dan semoga membantu.

1 comments:

Waah makasih kak infonya. Kunjungi di blog ku ya kak di lilmasruroh.blogspot.com, minta masukkannya untuk cerpen ku di blog(masih dalam tahap belajar). Makasih :-)

Reply

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.